PETUAH ORANG JAWA

Senin, 14 September 2009


Pada jaman dahulu banyak orang tua sering memberi petuah atau nasihat kepada anak cucunya dengan kata-kata sandi atau istilahnya sanepo atau perumpamaan. Terkadang kata-kata sanepo itu mudah dipahami tapi terkadang sulit dipahami, sehingga perlu penjelasan lebih lanjut untuk ukuran anak-anak periode sekarang. Banyak sekali petuah dari nenek moyang lewat kata-kata sandi atau kiasan atau perumpamaan, hanya saja terkadang kita sebagai orang muda kurang begitu memperhatikannya. Disini saya sampaikan makna yang terkandung dalam huruf Ha Na Ca Ra Ka sebagai berikut :

Ha artinya Ada , menandakan bahwa kita hidup ada yang menciptakan yaitu Gusti kang akarya jagad sak isine. maka kita senantiasa harus bersujud kepadaNya, selalu taat kepadaNya, selalu menjalankan perintahNya dan meninggalkan semua laranganNya.

Na artinya Nalar atau pikiran maksudnya dalam kegiatan kehidupan sehari-hari kita senantiasa menggunakan nalar kita, namun jangan berlebihan karena ada sesuatu yang kadang tidak dapat kita jangkau dengan nalar kita. Juga jangan mendewa-dewa kan nalar atau otak kita biar tidak jadi orang sombong.

Ca artinya Cara maksudnya dalam mencapai suatu angan-angan atau cita-cita atau impian kita harus mempunyai cara atau strategi-strategi yang baik dan tidak merugikan atau mengganggu kepentingan otang lain. Cara-cara atau strategi yang kita gunakan untuk mencapai tujuan atau cita-cita jangan melanggar aturan Allah SWT.

Ra artinya Rasa menandakan kita senantiasa mengembangkan rasa solidaritas dalam batas-batas kebaikan, harus tepo sliro, saling menghargai dan menghormati kepada sesama makhluk Allah.Kita sebagai makhluk sosial, kita perlu bermasyarakat, bernegara dan beragama. Kita tidak mungkin dapat hidup sendirian tanpa memerlukan orang lain di sekitar kita. Pada saat kita butuh makan kita perlu petani yang menanam padi, saat kita rumah kita butuh orang yang menyediakan material dan tukang batu, tukang kayu, tukang besi dan sebagainya.

Ka artinya Karsa atau Kemauan maksudnya kita hidup harus punya cita-cita atau kemauan atau impian. Kemajuan atau kesuksesan seseorang diawali dari keinginan atau kemauan atau cita-cita atau impian. Dari cita-cita itulah orang melakukan sesuatu dangan cara tertentu untuk menggapainya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahawa kita ada didunia ini diciptakan oleh Allah SWT, maka kita harus senatiasa sujud kepadaNYa,taqwa kepadaNya, harus punya angan-angan atau cita-cita atau harapan atau impian yang akan diwujudkan dengan menggunakan modal nalar atau otak yang dimiliki, dengan cara dan strategi yang benar dan baik tanpa mengganggu kepentingan orang lain, dengan mengedepankan rasa, tepo slira, saling menghormati, saling menghargai dengan sesamanya, sehingga tidak berbenturan atau bersinggungan dengan orang lain, sehingga dapat mencapai apa yang kita cita-citakan dengan ridlo dari Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Informasi Kerja

Pendaftaran CPNS/Pegawai :
1. Prop Kaltim sd 7 Nop 2009
2. Prop Samarina sd 7 Nop 2009
3. Bangka Tengah sd 30 Okt 2009
4. Belitung Timur sd 30 Okt 2009
5. Pemkot Balikpapan sd 2 Nop 2009
6. PT Pengelola aset sd 31 Okt 2009
7. PT Perkebunan Nus VII sd 6 Nop 2009
8. Pemkot Palembang sd 29 Okt 2009
9. PT Mitsui Ind sd 9 Nop 2009
10. Bank Mandiri sd 7 Nop 2009
Info selengkapnya lihat di link :
-LOWONGAN KERJA-

Iklan

 
Copyright © SMA Islam Jepara